Sabtu, 12 Mei 2018

Download RPP Kelas 2 Semester 2 Tema 7. Kebersamaan Revisi 2017 Terintegrasi PPK

Silakan Klik Link Dibawah ini untuk download Perangkat RPP Kelas 2 Revisi 2017 Terintegrasi PPK

RPP Kelas 2 Tema 7 Subtema 1 ( Download )

RPP Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 ( Download )

RPP Kelas 2 Tema 7 Subtema 3 ( Download )

RPP Kelas 2 Tema 7 Subtema 4 ( Download )

Semoga Bermanfaat.

Download RPP Kelas 2 Semester 2 Tema 6.Merawat Hewan Dan Tumbuhan Revisi 2017

Silakan Download RPP Kelas 2 Semester 2 Tema 6. Merawat Hewan dan Tumbuhan Revisi 2017. Terintegrasi PPK

di bawah ini.

Rpp Tema 6 Sub Tema 1 ( Download )

Rpp Tema 6 Sub Tema 2 ( Download )

Rpp Tema 6 Sub Tema 3 ( Download )

Rpp Tema 6 Sub Tema 4 ( Download )

 

Semoga Bermanfaat.

Selasa, 08 Mei 2018

Download RPP Kelas 2 Tema 5. Pengalamanku Semester 2 Revisi 2017 Terintegrasi PPK

Langsung saja download RPP di bawah ini.

RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 1.Pengalamanku di Rumah  ( Download )

RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 2.Pengalamanku di Sekolah ( Download )

RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 3.Pengalamanku di Tempat Bermain ( Download )

RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 4. Pengalamanku di Tempat Wisata ( Download )

Semoga bermanfaat.

Jumat, 04 Mei 2018

Download RPP Matematika Kelas V Semester 2 Revisi 2017






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


( RPP )






 

Satuan Pendidikan    : SDN 08 KARTIASA

Mata Pelajaran           : Matematika

Kelas /Semester         : V /Genap

Tahun Pelajaran        : 2017/2018

Materi Pokok              : Volume Bangun Ruang

Alokasi Waktu            : 18 JP (6 Pertemuan)

 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN


Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat

  1. Siswa dapat mengenal bagian-bagian kubus

  2. Siswa dapat menghitung volum kubus.

  3. Siswa dapat mengenal bagian-bagian balok.

  4. Siswa dapat menghitung volum balok


 

  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)







Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.5  Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
3.5.1      Memahami satuan volume

3.5.2      Menganalisis unsur dan volume kubus

3.5.3      Menganalisis unsur dan volume balok

3.5.4      Memahami cara menentukan volume kubus dan balok


4.5  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
4.5.1      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume

4.5.2      Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume




 

  1. MATERI PEMBELAJARAN

  2. Fakta:


Contoh-contoh gambar balok dan kubus

  1. Konsep



  • Kubus adalah balok atau prismasiku-siku khusus.

  • Balok disebut prisma siku-siku. Balok mempunyai 6 sisi, masing-masing berbentuk persegi panjang.



  1. Prinsip


Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)

  1. Prosedur



  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume

  • Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume


 

  1. METODE PEMBELAJARAN

    1. Pendekatan :  Scientific Learning

    2. Model Pembelajaran :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)




 

  1. MEDIA PEMBELAJARAN

    1. Media LCD projector,

    2. Laptop,

    3. Bahan Tayang




 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku Siswa Matematika Kelas V Revisi 2017

    2. Buku Petunjuk Guru Matematika Kelas V Revisi 2017

    3. Modul/bahan ajar,

    4. Internet,

    5. Sumber lain yang relevan



  2. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN








1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit )
Waktu


Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran(PPK: Religius)

2.    Memeriksa kehadiran peserta didik (PPK: Disiplin).

3.    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Membuat denah yang skalanya diketahui.

2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

1.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

a.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

b.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

4.    Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

2.    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

3.    Pembagian kelompok belajar

4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

 

15

menit


Kegiatan Inti








Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah
MENGAMATI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

dengan cara :

v Melihat(tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

 

v Mengamati

Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

1.    Materi yang disampaikan guru

2.    Contoh-contoh soal yang berkaitan

 

v Membaca (Literasi)

Dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

1.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

 

v Mendengar

Mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

1.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

v Menyimak

Menyimak penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

1.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

 


Mengorganisasikan peserta didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v Mengajukan Pertanyaan

Mengajukan pertanyaan dengan santuntentang :

1.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

 


Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v Mengamati obyek/kejadian,

v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)

Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

1.      Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.      Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

v Mengumpulkan informasi(4C: Collaboration)

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

1.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

v Aktivitas

1.    Guru meminta siswa untuk memberikan tanggapan atau pendapatnya mengenai gambar yang disediakan oleh guru atau yang terdapat pada buku teks

2.    Guru meminta  peserta didik untuk membaca kembali materi tentang mengitung volume kubus dan balok menggunakan kubus satua

3.    Peserta didik diminta untuk menghitung volume balok dengan kubus satuan berikut

v Mempraktikan

v Mendiskusikan(4C: Collaboration)

Saling tukar informasi tentang  :

1.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 


Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

1.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

1.     Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.     Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

 


Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

1.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

1.    Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan

2.    Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan

 





75

menit




Jumat, 27 April 2018

DOWNLOAD FORMAT MANUAL PENILAIAN K-13 KELAS 1,2,3,4,5 DAN 6 SEMESTER 2 Revisi 2018

Berikut ini kami sediakan format daftar nilai SD Kelas 1, 2, 4 & 5 Kurikulum 2013 revisi 2017, Kelas 3 dan 6 Revisi 2018



Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 1 Guru Kelas Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 2 Guru Kelas Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Guru Kelas Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 4 Guru Kelas Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 5 Guru Kelas Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 6 Guru Kelas Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 1 PAI-BP Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 2 PAI-BP Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 3 PAI-BP Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 4 PAI-BP Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 5 PAI-BP Semester 2 ( Download )

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 6 PAI-BP Semester 2 ( Download )

Format Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial ( KI-1 dan KI-2 )

Format Nilai Sikap Spiritual ( KI-1 ) ( Download )

Format Nilai Sikap Sosial ( KI-2 ) ( Download )

Format Remedial dan Pengayaan ( Download )

Semoga bermanfaat,

Rabu, 18 April 2018

Aplikasi Raport K-13 Revisi 2017 Kelas 1,2,4 & 5

Pada kesempatan ini saya akan posting tentang aplikasi raport K-13 jenjang SD Aplikasi ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya.

aplikasi raport k13 ini dapat mempermudah dalam hal entri raport siswa. mohon maaf jika aplikasi ini masih banyak kekurangan. kritik dan saran dari rekan-rekan juga sangat di perlukan untuk mengembangkan aplikasi ini.

Adapun aplikasi raport K13 berbasis excel dapat dioperasikan minimal Ms. Office 2010

1. Perbaikan-perbaikan dari versi sebelumnya.
2. Penambahan fitur multi KKM dimana rentang predikat berdasarkan masing-masing mupel, tidak menggunakan KKM Satuan Pendidikan.
3. Penyesuaian tampilan menu agar lebih mudah digunakan.
4. KD yg terisi sudah sesuai Permendikbud no 24 Tahun 2016 Tentang KI Dan KD

Download KI-KD sesuai Permendikbud no 24 Tahun 2016

KI-KD PKn

KI-KD Bahasa Indonesia

KI-KD Matematika

KI-KD Seni Budaya dan Prakarya

KI-KD IPS

KI-KD IPA

KI-KD PA Islam-BP

KI-KD PA Khatolik -BP

KI-KD PA Budha - BP

KI-KD PA Kristen - BP

KI-KD PA Khonghucu - BP

KI-KD Penjaskes

Link Download  Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2017



  1. apk13sd kelas 1 (klik di sini )

  2. apK13sd kelas 2 (klik di sini )

  3. Kelas 3 ( cukup ganti KD dari aplikasi kelas 1 atau 2 )

  4. apK13sd kelas 4 (klik di sini )

  5. apK13sd kelas 5 (klik di sini)

  6. Kelas 6 ( cukup ganti KD dari aplikasi kelas 4 atau 5 )

Selasa, 31 Oktober 2017

Perangkat RPP Matematika Kelas 5 SD Revisi 2017 Lengkap











Satuan Pendidikan            :     SDN  08 KARTIASA

Mata Pelajaran                  :     Matematika

Bab 1                                 :     Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah

Kelas / Semester                :     V (Lima) / 1

Alokasi Waktu                  :     6 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)

 

  1. KOMPETENSI INTI (KI)


KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

  1. KOMPETENSI DASAR (KD)


3.1 Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah.

4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah.

 

PERTEMUAN 1 dan 2

  1. Indikator:


3.1.1 Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan.

4.1.1 Menunjukkan bentuk contoh bilangan pangkat dua.

 

  1. D. TUJUAN PEMBELAJARAN

  2. Siswa dapat mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan.

  3. Siswa dapat menunjukkan bentuk contoh bilangan pangkat dua.


 

  • Karakter siswa yang diharapkan :      Religius


Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

 

  1. E. KEGIATAN PEMBELAJARAN



























KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi Waktu
Pendahuluan¡   Guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan setelah pelajaran. Religius

¡   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah.

¡   Guru memberi peserta didik contoh dalam kehidupan yang berkaitan dengan pecahan. Gotong Royong

¡   Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah. Communication

 
10 menit
IntiMengamati

§  Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok dengan 3 atau 4 teman kelasnya. Collaboration

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati beberapa bilangan kuadrat/pangkat dua.

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk memikirkan ciri-ciri bilangan kuadrat atau pangkat dua.

 

Menanya

§  Guru menfasilitasi peserta didik untuk membuat pertanyaan yang berkaitan dengan cara mencari bilangan berpangkat dua. Critical Thinking and Problem Solving

 

Mencoba

§  Guru mendampingi peserta didik dalam bekerja sama mencari bilangan pangkat dua dari beberapa bilangan yang ditulis guru. Gotong Royong

§  Guru menegasakan bahwa tidak semua bilangan yang ada itu adalah bilangan pangkat dua.

 

Menalar

§  Guru menalarkan peserta didik untuk menyebutkan ciri-ciri bilangan berpangkat dua. Mandiri

§  Guru mendampingi peserta didik dalam menentukan bentuk dan contoh bilangan berpangkat dua.

 

Mengkomunikasikan

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk menyampaikan hasil kegiatannya di depan kelas

 
85 menit
Penutup§  Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah Integritas

§  Guru melakukan evaluasi tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah, serta menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjuutnya. Mandiri

§  Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pangkat dua. Communication
10 menit

 

  1. F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN



  • Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas V tahun 2017

  • Kamus Matematika yang relevan

  • Ensiklopedia Matematika yang relevan

  • Daftar bilangan pangkat dua dari 1 sampai 100.


 

  1. G. MATERI PEMBELAJARAN



  • Bilangan berpangkat dua


 

  1. H. METODE PEMBELAJARAN



  • Pendekatan : Saintifik

  • Metode :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


 

 

Penilaian

  • Penilaian Kegiatan 1.1


Untuk menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.

Instrumen Penilaian Kegiatan 1.1













































































NoNama Peserta DidikAspek yang DinilaiKeterangan
Aspek Sikap SpiritualAspek PengetahuanAspek Keterampilan
Berdoa Sebelum dan setelah PelajaranKetetapan dalam Menyebutkan Ciri-ciri bilangan berpangkat duaKeterampilan Menghitung bilangan berpangkat duaKeterampilan dalam menunjukkan Bentuk dan contoh bilangan berpangkat dua
YaTidakYaTidak321321
1.....................................
2.....................................
.......................................

Keterangan

Diisi dengan tanda cek (ü)

Kategori penilaian aspek sikap spiritual

“Ya” diberi skor = 1,

“Tidak” diberi skor = 0.

Kategori penilaian aspek pengetahuan

“Ya” diberi skor = 1,

“Tidak” diberi skor = 0

Kategori penilaian aspek keterampilan

3 = dapat mengerjakan bilangan berpangkat dua dengan benar semua.

2 = dapat menjawab bilangan berpangkat dua dengan sebagian yang benar.

1 = tidak ada jawaban yang benar

Skor maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 6.

Nilai =     Total skor     x 100

Skor maksimal

 

 

PERTEMUAN 3 dan 4

  1. INDIKATOR


3.1.2 Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan berpangkat dua.

4.1.2 Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.

 

  1. D. TUJUAN PEMBELAJARAN

  2. Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan berpangkat dua.

  3. Siswa dapat mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.


 

  • Karakter siswa yang diharapkan : Religius


Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

 

  1. E. KEGIATAN PEMBELAJARAN



























KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi Waktu
Pendahuluan¡   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. Religius

¡   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik tentang Pemangkatan dan Penaksiran akar bilangan cacah. Communication

¡   Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penaksiran akar bilangan cacah.

 
10 menit
IntiMengamati

§  Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok yang terdiri 3 atau 4 orang. Collaboration

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati bilangan pangkat dua yang diberikan pada kegiatan 1.2. Mandiri

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengelompokkan bilangan pangkat dua tersebut berdasarkan pengertian yang diperoleh kemarin. Gotong Royong

Menanya

§  Guru menfasilitasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru tentang cara mencari bilangan pangkat dua. Communication

 

Mencoba

§  Guru membimbing peserta didik dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pangkat dua dengan kelompoknya. Mandiri

 

Menalar

§  Guru mendampingi peserta didik dalam mencari hasil penarikan perpangkatan akar kuadrat. Critical Thinking and Problem Solving

§  Guru mendampingi peserta didik melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan pangkat dua. Creativity and Innovation

 

Mengkomunikasikan

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan hasil kerjanya di papan tulis.

 
85 menit
Penutup§  Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang pemangkatan dan penarikan akar.  Integritas

§  Guru melakukan evaluasi tentang pemangkatan dan penarikan akar, serta menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjuutnya. Mandiri

§  Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu pemangkatan dan penarikan akar pangkat tiga. Communication
10 menit

 

  1. F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN



  • Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas V tahun 2017

  • Kamus Matematika yang relevan

  • Ensiklopedia Matematika yang relevan

  • Daftar bilangan berpangkat dua dari 1 sampai 100.


 

  1. G. MATERI PEMBELAJARAN



  • Menentukan bilangan berpangkat dua menarik akar pangkat dua


 

  1. H. METODE PEMBELAJARAN



  • Pendekatan : Saintifik

  • Metode :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


 

Penilaian

  • Penilaian Kegiatan 1.2


Untuk menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian Kegiatan 1.2
































































NoNama Peserta DidikAspek yang DinilaiKeterangan
Aspek Sikap SosialAspek PengetahuanAspek Keterampilan
Toleransi dalam BerdiskusiKetetapan dalam Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan berpangkat duaKeterampilan Menarik akar bilangan berpangkat dua
YaTidakYaTidak321
1............................
2............................
..............................

 

Keterangan

Diisi dengan tanda cek (ü)

Kategori penilaian aspek sikap sosial

“Ya” diberi skor = 1,

“Tidak” diberi skor = 0.

Kategori penilaian aspek pengetahuan

“Ya” diberi skor = 1,

“Tidak” diberi skor = 0

Kategori penilaian aspek keterampilan

3 = menghitung benar dan dilakukan dengan cepat  ,

2 = menghitung benar tetapi dilakukan dengan lambat,

1 = menghitung salah.

Skor maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.

Nilai =     Total skor     x 100

Skor maksimal

 

PERTEMUAN 5 dan 6

  1. INDIKATOR:


3.1.3 Mengenal arti pangkat tiga dari suatu bilangan.

4.1.3 Menunjukkan bentuk dan contoh bilangan pangkat tiga.

 

  1. D. TUJUAN PEMBELAJARAN

  2. Siswa dapat mengenal arti pangkat tiga dari suatu bilangan.

  3. Siswa dapat menunjukkan bentuk dan contoh bilangan pangkat tiga.


 

  • Karakter siswa yang diharapkan : Religius


Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

  1. E. KEGIATAN PEMBELAJARAN



























KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi Waktu
Pendahuluan¡   Guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan setelah pelajaran. Religius

¡   Guru mengabsen kehadiran peserta didik.

¡   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik tentang Pangkat tiga suatu bilangan. Communication

¡   Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Pemangkatan dan penarikan akar pangkat tiga.

¡   Guru membimbing peserta didik untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 1.3

 
10 menit
IntiMengamati

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengalikan 2x2x2 atau 3x3x3. Mandiri

§  Guru membimbing peserta didik untuk menentukan bilangan yang lain.

§  Guru mendampingi peserta didik dalam mencari bilangan pangkat tiga sebanyak-banyaknya. Kemudian membuat tabel bilangan pangkat tiga.

 

Menanya

§  Guru menfasilitasi peserta didik untuk bertanya apakah cara menarik akar bilangan pangkat tiga.

Mencoba

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk menentukan suatu bilangan berpangkat tiga. Critical Thinking and Problem Solving

·         216, ..., 512

·         1000, ..., 1728

·         3375, ..., 4913

 

Menalar

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk daftar bilangan pangkat tiga. Mandiri

§  Guru membimbing peserta didik untuk menetukan bilangan yang tidak ada pada daftar secara urut.

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk memilik mengerti ciri-ciri bilangan berpangkat tiga

 

Mengkomunikasikan

§  Guru mengarahkan peserta didik untuk maju ke depan kelas dan menjelaskan bilangan berpangkat tiga Communication

 
85 menit
Penutup§  Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Bilangan Pangkat Tiga. Integritas

§  Guru melakukan evaluasi tentang pemangkatan dan penarikan akar bilangan berpangkat dua dan tiga. Mandiri

 
10 menit

 

  1. F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN



  • Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas V tahun 2017

  • Kamus Matematika yang relevan

  • Ensiklopedia Matematika yang relevan

  • Daftar bilangan berpangkat tiga dari 1³ sampai 10³


 

  1. G. MATERI PEMBELAJARAN



  • Bilangan pangkat tiga


 

  1. H. METODE PEMBELAJARAN



  • Pendekatan : Saintifik

  • Metode :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


 

Penilaian

  • Penilaian Kegiatan 1.3


Untuk menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian Kegiatan 1.3
































































NoNama Peserta DidikAspek yang DinilaiKeterangan
Aspek Sikap SosialAspek PengetahuanAspek Keterampilan
Gotong Royong dalam Melakukan KegiatanKetetapan dalam Menjelaskan bilangan berpangkat tigaKeterampilan Mengidentifikasi bilangan berpangkat tiga
YaTidak321TerampilTidak Terampil
1................ ... ...
2................ ... ...
.................. ... ...

 

Keterangan

Diisi dengan tanda cek (ü)

Kategori penilaian aspek sikap sosial

“Ya” diberi skor = 1,

“Tidak” diberi skor = 0.

Kategori penilaian aspek pengetahuan

3 = semuanya tepat,

2 = ada yang tidak tepat,

1 = tidak ada yang tepat

Kategori penilaian aspek keterampilan

“Terampil” diberi skor = 1,

“Tidak Terampil” diberi skor = 0.

Skor maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.

Nilai =     Total skor     x 100

Skor maksimal

 

 

Mengetahui                                                                 Sambas, ………………………..2017

Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas V

 

 

 

 

IMAN BUDIANTO S.Pd.SD                                   NURYADIN, S.Pd

NIP. 19721127 200604 1 003

Download RPP Kelas 5

1. Cover Perangkat Kelas 5 Sem 1 Revisi 2017

2. KI-KD Mtk 5 SD (Lamp 14 Permendikbud 24-2016)

3. Silabus Matematika Kelas 5 Sem 1 K13 Revisi 2017

6. Prota Matematika Kelas 5 Sem 1 TP 2017-2018

7. Promes Matematika Kelas 5 Semeser 1 TP 2017-2018

8. KKM Matematika Kelas 5 Sem 1 TP 2017-2018

RPP BAB 1 Mat 5 Revisi 2017

RPP BAB 2 Mat 5 Revisi 2017

RPP BAB 3 Mat 5 Revisi 2017

RPP BAB 4 Mat 5 Revisi 2017

RPP BAB 5 Mat 5 Revisi 2017

RPP BAB 6 Mat 5 Revisi 2017