Silakan Klik Link Dibawah ini untuk download Perangkat RPP Kelas 2 Revisi 2017 Terintegrasi PPK
RPP Kelas 2 Tema 7 Subtema 1 ( Download )
RPP Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 ( Download )
RPP Kelas 2 Tema 7 Subtema 3 ( Download )
RPP Kelas 2 Tema 7 Subtema 4 ( Download )
Semoga Bermanfaat.
Sabtu, 12 Mei 2018
Download RPP Kelas 2 Semester 2 Tema 6.Merawat Hewan Dan Tumbuhan Revisi 2017
Selasa, 08 Mei 2018
Download RPP Kelas 2 Tema 5. Pengalamanku Semester 2 Revisi 2017 Terintegrasi PPK
Langsung saja download RPP di bawah ini.
RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 1.Pengalamanku di Rumah ( Download )
RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 2.Pengalamanku di Sekolah ( Download )
RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 3.Pengalamanku di Tempat Bermain ( Download )
RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 4. Pengalamanku di Tempat Wisata ( Download )
Semoga bermanfaat.
RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 1.Pengalamanku di Rumah ( Download )
RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 2.Pengalamanku di Sekolah ( Download )
RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 3.Pengalamanku di Tempat Bermain ( Download )
RPP Tema 5. Pengalamanku Sub Tema 4. Pengalamanku di Tempat Wisata ( Download )
Semoga bermanfaat.
Jumat, 04 Mei 2018
Download RPP Matematika Kelas V Semester 2 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) | |||
Satuan Pendidikan : SDN 08 KARTIASA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : V /Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Volume Bangun Ruang
Alokasi Waktu : 18 JP (6 Pertemuan)
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
- Siswa dapat mengenal bagian-bagian kubus
- Siswa dapat menghitung volum kubus.
- Siswa dapat mengenal bagian-bagian balok.
- Siswa dapat menghitung volum balok
- KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga. | 3.5.1 Memahami satuan volume 3.5.2 Menganalisis unsur dan volume kubus 3.5.3 Menganalisis unsur dan volume balok 3.5.4 Memahami cara menentukan volume kubus dan balok | ||
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga. | 4.5.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume 4.5.2 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume | ||
- MATERI PEMBELAJARAN
- Fakta:
Contoh-contoh gambar balok dan kubus
- Konsep
- Kubus adalah balok atau prismasiku-siku khusus.
- Balok disebut prisma siku-siku. Balok mempunyai 6 sisi, masing-masing berbentuk persegi panjang.
- Prinsip
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
- Prosedur
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
- Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
- METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Scientific Learning
- Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
- MEDIA PEMBELAJARAN
- Media LCD projector,
- Laptop,
- Bahan Tayang
- SUMBER BELAJAR
- Buku Siswa Matematika Kelas V Revisi 2017
- Buku Petunjuk Guru Matematika Kelas V Revisi 2017
- Modul/bahan ajar,
- Internet,
- Sumber lain yang relevan
- LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit ) | Waktu | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran(PPK: Religius) 2. Memeriksa kehadiran peserta didik (PPK: Disiplin). 3. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Membuat denah yang skalanya diketahui. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: a. Menghitung volume kubus menggunakan kubus satuan b. Menghitung volume balok menggunakan kubus satuan 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 4. Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan 1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. 2. Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung 3. Pembagian kelompok belajar 4. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
| 75 menit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumat, 27 April 2018
DOWNLOAD FORMAT MANUAL PENILAIAN K-13 KELAS 1,2,3,4,5 DAN 6 SEMESTER 2 Revisi 2018
Berikut ini kami sediakan format daftar nilai SD Kelas 1, 2, 4 & 5 Kurikulum 2013 revisi 2017, Kelas 3 dan 6 Revisi 2018

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 1 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 2 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 4 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 5 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 6 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 1 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 2 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 3 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 4 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 5 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 6 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial ( KI-1 dan KI-2 )
Format Nilai Sikap Spiritual ( KI-1 ) ( Download )
Format Nilai Sikap Sosial ( KI-2 ) ( Download )
Format Remedial dan Pengayaan ( Download )
Semoga bermanfaat,

Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 1 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 2 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 4 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 5 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 6 Guru Kelas Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 1 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 2 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 3 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 4 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 5 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Nilai KI-3 dan KI-4 Kelas 6 PAI-BP Semester 2 ( Download )
Format Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial ( KI-1 dan KI-2 )
Format Nilai Sikap Spiritual ( KI-1 ) ( Download )
Format Nilai Sikap Sosial ( KI-2 ) ( Download )
Format Remedial dan Pengayaan ( Download )
Semoga bermanfaat,
Rabu, 18 April 2018
Aplikasi Raport K-13 Revisi 2017 Kelas 1,2,4 & 5
Pada kesempatan ini saya akan posting tentang aplikasi raport K-13 jenjang SD Aplikasi ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya.
aplikasi raport k13 ini dapat mempermudah dalam hal entri raport siswa. mohon maaf jika aplikasi ini masih banyak kekurangan. kritik dan saran dari rekan-rekan juga sangat di perlukan untuk mengembangkan aplikasi ini.

Adapun aplikasi raport K13 berbasis excel dapat dioperasikan minimal Ms. Office 2010
1. Perbaikan-perbaikan dari versi sebelumnya.
2. Penambahan fitur multi KKM dimana rentang predikat berdasarkan masing-masing mupel, tidak menggunakan KKM Satuan Pendidikan.
3. Penyesuaian tampilan menu agar lebih mudah digunakan.
4. KD yg terisi sudah sesuai Permendikbud no 24 Tahun 2016 Tentang KI Dan KD
Download KI-KD sesuai Permendikbud no 24 Tahun 2016
KI-KD PKn
KI-KD Bahasa Indonesia
KI-KD Matematika
KI-KD Seni Budaya dan Prakarya
KI-KD IPS
KI-KD IPA
KI-KD PA Islam-BP
KI-KD PA Khatolik -BP
KI-KD PA Budha - BP
KI-KD PA Kristen - BP
KI-KD PA Khonghucu - BP
KI-KD Penjaskes
Link Download Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2017
aplikasi raport k13 ini dapat mempermudah dalam hal entri raport siswa. mohon maaf jika aplikasi ini masih banyak kekurangan. kritik dan saran dari rekan-rekan juga sangat di perlukan untuk mengembangkan aplikasi ini.

Adapun aplikasi raport K13 berbasis excel dapat dioperasikan minimal Ms. Office 2010
1. Perbaikan-perbaikan dari versi sebelumnya.
2. Penambahan fitur multi KKM dimana rentang predikat berdasarkan masing-masing mupel, tidak menggunakan KKM Satuan Pendidikan.
3. Penyesuaian tampilan menu agar lebih mudah digunakan.
4. KD yg terisi sudah sesuai Permendikbud no 24 Tahun 2016 Tentang KI Dan KD
Download KI-KD sesuai Permendikbud no 24 Tahun 2016
KI-KD PKn
KI-KD Bahasa Indonesia
KI-KD Matematika
KI-KD Seni Budaya dan Prakarya
KI-KD IPS
KI-KD IPA
KI-KD PA Islam-BP
KI-KD PA Khatolik -BP
KI-KD PA Budha - BP
KI-KD PA Kristen - BP
KI-KD PA Khonghucu - BP
KI-KD Penjaskes
Link Download Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2017
- apk13sd kelas 1 (klik di sini )
- apK13sd kelas 2 (klik di sini )
- Kelas 3 ( cukup ganti KD dari aplikasi kelas 1 atau 2 )
- apK13sd kelas 4 (klik di sini )
- apK13sd kelas 5 (klik di sini)
- Kelas 6 ( cukup ganti KD dari aplikasi kelas 4 atau 5 )
Selasa, 31 Oktober 2017
Perangkat RPP Matematika Kelas 5 SD Revisi 2017 Lengkap

Satuan Pendidikan : SDN 08 KARTIASA
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Alokasi Waktu : 6 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
- KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
- KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah.
PERTEMUAN 1 dan 2
- Indikator:
3.1.1 Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan.
4.1.1 Menunjukkan bentuk contoh bilangan pangkat dua.
- D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan.
- Siswa dapat menunjukkan bentuk contoh bilangan pangkat dua.
- Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
- E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan setelah pelajaran. Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah. ¡ Guru memberi peserta didik contoh dalam kehidupan yang berkaitan dengan pecahan. Gotong Royong ¡ Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah. Communication | 10 menit |
Inti | Mengamati § Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok dengan 3 atau 4 teman kelasnya. Collaboration § Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati beberapa bilangan kuadrat/pangkat dua. § Guru mengarahkan peserta didik untuk memikirkan ciri-ciri bilangan kuadrat atau pangkat dua. Menanya § Guru menfasilitasi peserta didik untuk membuat pertanyaan yang berkaitan dengan cara mencari bilangan berpangkat dua. Critical Thinking and Problem Solving Mencoba § Guru mendampingi peserta didik dalam bekerja sama mencari bilangan pangkat dua dari beberapa bilangan yang ditulis guru. Gotong Royong § Guru menegasakan bahwa tidak semua bilangan yang ada itu adalah bilangan pangkat dua. Menalar § Guru menalarkan peserta didik untuk menyebutkan ciri-ciri bilangan berpangkat dua. Mandiri § Guru mendampingi peserta didik dalam menentukan bentuk dan contoh bilangan berpangkat dua. Mengkomunikasikan § Guru mengarahkan peserta didik untuk menyampaikan hasil kegiatannya di depan kelas | 85 menit |
Penutup | § Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah Integritas § Guru melakukan evaluasi tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah, serta menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjuutnya. Mandiri § Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pangkat dua. Communication | 10 menit |
- F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas V tahun 2017
- Kamus Matematika yang relevan
- Ensiklopedia Matematika yang relevan
- Daftar bilangan pangkat dua dari 1 sampai 100.
- G. MATERI PEMBELAJARAN
- Bilangan berpangkat dua
- H. METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Saintifik
- Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
- Penilaian Kegiatan 1.1
Untuk menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen Penilaian Kegiatan 1.1
No | Nama Peserta Didik | Aspek yang Dinilai | Keterangan | |||||||||
Aspek Sikap Spiritual | Aspek Pengetahuan | Aspek Keterampilan | ||||||||||
Berdoa Sebelum dan setelah Pelajaran | Ketetapan dalam Menyebutkan Ciri-ciri bilangan berpangkat dua | Keterampilan Menghitung bilangan berpangkat dua | Keterampilan dalam menunjukkan Bentuk dan contoh bilangan berpangkat dua | |||||||||
Ya | Tidak | Ya | Tidak | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | |||
1. | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
2. | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan
Diisi dengan tanda cek (ü)
Kategori penilaian aspek sikap spiritual
“Ya” diberi skor = 1,
“Tidak” diberi skor = 0.
Kategori penilaian aspek pengetahuan
“Ya” diberi skor = 1,
“Tidak” diberi skor = 0
Kategori penilaian aspek keterampilan
3 = dapat mengerjakan bilangan berpangkat dua dengan benar semua.
2 = dapat menjawab bilangan berpangkat dua dengan sebagian yang benar.
1 = tidak ada jawaban yang benar
Skor maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 6.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
PERTEMUAN 3 dan 4
- INDIKATOR
3.1.2 Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan berpangkat dua.
4.1.2 Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
- D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan berpangkat dua.
- Siswa dapat mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
- Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
- E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. Religius ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik tentang Pemangkatan dan Penaksiran akar bilangan cacah. Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penaksiran akar bilangan cacah. | 10 menit |
Inti | Mengamati § Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok yang terdiri 3 atau 4 orang. Collaboration § Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati bilangan pangkat dua yang diberikan pada kegiatan 1.2. Mandiri § Guru mengarahkan peserta didik untuk mengelompokkan bilangan pangkat dua tersebut berdasarkan pengertian yang diperoleh kemarin. Gotong Royong Menanya § Guru menfasilitasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru tentang cara mencari bilangan pangkat dua. Communication Mencoba § Guru membimbing peserta didik dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pangkat dua dengan kelompoknya. Mandiri Menalar § Guru mendampingi peserta didik dalam mencari hasil penarikan perpangkatan akar kuadrat. Critical Thinking and Problem Solving § Guru mendampingi peserta didik melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan pangkat dua. Creativity and Innovation Mengkomunikasikan § Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan hasil kerjanya di papan tulis. | 85 menit |
Penutup | § Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang pemangkatan dan penarikan akar. Integritas § Guru melakukan evaluasi tentang pemangkatan dan penarikan akar, serta menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjuutnya. Mandiri § Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu pemangkatan dan penarikan akar pangkat tiga. Communication | 10 menit |
- F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas V tahun 2017
- Kamus Matematika yang relevan
- Ensiklopedia Matematika yang relevan
- Daftar bilangan berpangkat dua dari 1 sampai 100.
- G. MATERI PEMBELAJARAN
- Menentukan bilangan berpangkat dua menarik akar pangkat dua
- H. METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Saintifik
- Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
- Penilaian Kegiatan 1.2
Untuk menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen Penilaian Kegiatan 1.2
No | Nama Peserta Didik | Aspek yang Dinilai | Keterangan | ||||||
Aspek Sikap Sosial | Aspek Pengetahuan | Aspek Keterampilan | |||||||
Toleransi dalam Berdiskusi | Ketetapan dalam Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan berpangkat dua | Keterampilan Menarik akar bilangan berpangkat dua | |||||||
Ya | Tidak | Ya | Tidak | 3 | 2 | 1 | |||
1. | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
2. | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan
Diisi dengan tanda cek (ü)
Kategori penilaian aspek sikap sosial
“Ya” diberi skor = 1,
“Tidak” diberi skor = 0.
Kategori penilaian aspek pengetahuan
“Ya” diberi skor = 1,
“Tidak” diberi skor = 0
Kategori penilaian aspek keterampilan
3 = menghitung benar dan dilakukan dengan cepat ,
2 = menghitung benar tetapi dilakukan dengan lambat,
1 = menghitung salah.
Skor maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
PERTEMUAN 5 dan 6
- INDIKATOR:
3.1.3 Mengenal arti pangkat tiga dari suatu bilangan.
4.1.3 Menunjukkan bentuk dan contoh bilangan pangkat tiga.
- D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat mengenal arti pangkat tiga dari suatu bilangan.
- Siswa dapat menunjukkan bentuk dan contoh bilangan pangkat tiga.
- Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
- E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan setelah pelajaran. Religius ¡ Guru mengabsen kehadiran peserta didik. ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik tentang Pangkat tiga suatu bilangan. Communication ¡ Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Pemangkatan dan penarikan akar pangkat tiga. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 1.3 | 10 menit |
Inti | Mengamati § Guru mengarahkan peserta didik untuk mengalikan 2x2x2 atau 3x3x3. Mandiri § Guru membimbing peserta didik untuk menentukan bilangan yang lain. § Guru mendampingi peserta didik dalam mencari bilangan pangkat tiga sebanyak-banyaknya. Kemudian membuat tabel bilangan pangkat tiga. Menanya § Guru menfasilitasi peserta didik untuk bertanya apakah cara menarik akar bilangan pangkat tiga. Mencoba § Guru mengarahkan peserta didik untuk menentukan suatu bilangan berpangkat tiga. Critical Thinking and Problem Solving · 216, ..., 512 · 1000, ..., 1728 · 3375, ..., 4913 Menalar § Guru mengarahkan peserta didik untuk daftar bilangan pangkat tiga. Mandiri § Guru membimbing peserta didik untuk menetukan bilangan yang tidak ada pada daftar secara urut. § Guru mengarahkan peserta didik untuk memilik mengerti ciri-ciri bilangan berpangkat tiga Mengkomunikasikan § Guru mengarahkan peserta didik untuk maju ke depan kelas dan menjelaskan bilangan berpangkat tiga Communication | 85 menit |
Penutup | § Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Bilangan Pangkat Tiga. Integritas § Guru melakukan evaluasi tentang pemangkatan dan penarikan akar bilangan berpangkat dua dan tiga. Mandiri | 10 menit |
- F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas V tahun 2017
- Kamus Matematika yang relevan
- Ensiklopedia Matematika yang relevan
- Daftar bilangan berpangkat tiga dari 1³ sampai 10³
- G. MATERI PEMBELAJARAN
- Bilangan pangkat tiga
- H. METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Saintifik
- Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penilaian
- Penilaian Kegiatan 1.3
Untuk menilai kompetensi yang dicapai dalam proses pembelajaran tentang Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah, guru dapat menilai berdasarkan aspek sebagai berikut.
Instrumen Penilaian Kegiatan 1.3
No | Nama Peserta Didik | Aspek yang Dinilai | Keterangan | ||||||
Aspek Sikap Sosial | Aspek Pengetahuan | Aspek Keterampilan | |||||||
Gotong Royong dalam Melakukan Kegiatan | Ketetapan dalam Menjelaskan bilangan berpangkat tiga | Keterampilan Mengidentifikasi bilangan berpangkat tiga | |||||||
Ya | Tidak | 3 | 2 | 1 | Terampil | Tidak Terampil | |||
1. | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ||
2. | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ||
... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan
Diisi dengan tanda cek (ü)
Kategori penilaian aspek sikap sosial
“Ya” diberi skor = 1,
“Tidak” diberi skor = 0.
Kategori penilaian aspek pengetahuan
3 = semuanya tepat,
2 = ada yang tidak tepat,
1 = tidak ada yang tepat
Kategori penilaian aspek keterampilan
“Terampil” diberi skor = 1,
“Tidak Terampil” diberi skor = 0.
Skor maksimal yang dapat diperoleh peserta didik adalah 5.
Nilai = Total skor x 100
Skor maksimal
Mengetahui Sambas, ………………………..2017
Kepala Sekolah Guru Kelas V
IMAN BUDIANTO S.Pd.SD NURYADIN, S.Pd
NIP. 19721127 200604 1 003
Download RPP Kelas 5
1. Cover Perangkat Kelas 5 Sem 1 Revisi 2017
2. KI-KD Mtk 5 SD (Lamp 14 Permendikbud 24-2016)
3. Silabus Matematika Kelas 5 Sem 1 K13 Revisi 2017
6. Prota Matematika Kelas 5 Sem 1 TP 2017-2018
7. Promes Matematika Kelas 5 Semeser 1 TP 2017-2018
8. KKM Matematika Kelas 5 Sem 1 TP 2017-2018
RPP BAB 1 Mat 5 Revisi 2017
RPP BAB 2 Mat 5 Revisi 2017
RPP BAB 3 Mat 5 Revisi 2017
RPP BAB 4 Mat 5 Revisi 2017
RPP BAB 5 Mat 5 Revisi 2017
RPP BAB 6 Mat 5 Revisi 2017
Langganan:
Postingan (Atom)